Sumber informasi tepercaya seputar infrastruktur,
transportasi, dan berita aktual lainnya.
19 July 2024
Home Berita Renovasi Stadion Manahan Berstandar Internasional Untuk Persiapan Piala Dunia FIFA U-20

Renovasi Stadion Manahan Berstandar Internasional Untuk Persiapan Piala Dunia FIFA U-20

Share

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pekerjaan renovasi Stadion Manahan dan 4 lapangan latihan sepakbola di Kota Surakarta, Jawa Tengah yakni Lapangan Kota Barat, Lapangan Banyuanyar, Lapangan Sriwedari, dan Lapangan Sriwaru. Renovasi dilaksanakan dalam rangka mendukung penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20 Tahun 2023.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan pelaksanaan renovasi stadion utama dan lapangan latihan tetap memperhatikan standar internasional, khususnya untuk rumput dan pencahayaan. “Kami ingin memastikan pekerjaan renovasi sarana dan prasarana berjalan dengan baik sesuai dengan yang kita harapkan bersama,” kata Diana Kusumastuti saat meninjau Stadion Manahan, Jumat (26/3/2021).

Untuk Stadion Manahan Kota Solo secara kualitas siap digunakan dan hanya membutuhkan tambahan perbaikan minor yang meliputi peningkatan Lux lampu sesuai standar dan penambahan turnstiles. Pencahayaan Stadion Manahan telah  menggunakan lampu LED berkekuatan tinggi dengan sistem penerangan field of play (FOP) 1.500 Lux dan akan dioptimalkan sebesar 2.400 Lux. Selain itu juga dilakukan pekerjaan pagar keliling, pengadaan dan pemasangan bench serta pekerjaan area koridor. Hingga 21 Maret 2021, progres fisik pekerjaan mencapai 65%.

Selanjutnya untuk lapangan latihan Kota Barat, Sriwaru, dan Banyuanyar pekerjaan yang tengah dilaksanakan sama meliputi penyempurnaan lapangan, sistem penyiraman, lampu lapangan, renovasi ruang ganti atlet, dan penataan area kawasan. Rata-rata progres ketiga lapangan latihan tersebut mencapai 85%.

Sementara untuk Lapangan Latihan Sriwedari terdapat beberapa penambahan pekerjaan seperti penyempurnaan lapangan, sistem penyiraman, pencahayaan lapangan 800 Lux, renovasi ruang ganti atlet, penggantian lintasan atlet, dan penataan area kawasan. Progres fisik renovasi Lapangan Sriwedari mencapai 77,5%.

Selain Manahan dan Sriwedari, Dirjen Cipta Karya juga meninjau progres pembangunan Stadion Olahraga Mini Surakarta atau disebut juga Stadion Mini Surakarta di wilayah Kelurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari. Saat ini tengah diselesaikan pekerjaan struktur tribun, arsitektur, mekanikal dan elektrikal, penyempurnaan lapangan, dan infrastruktur kawasan.

Oleh:

Share

Copyright © 2023, PT Lintas Media Infrastruktur. All rights reserved.