Sumber informasi tepercaya seputar infrastruktur,
transportasi, dan berita aktual lainnya.
19 July 2024
Home Berita Layanan di Pelabuhan Lembar di Lombok NTB Dikembangkan Untuk Mendukung Gelaran MotoGP

Layanan di Pelabuhan Lembar di Lombok NTB Dikembangkan Untuk Mendukung Gelaran MotoGP

Share

Jakarta – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mengembangkan layanan di Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Pelabuhan Lembar, Lombok NTB, R Pradigdo menyebut upaya itu dilakukan untuk mendukung gelaran MotoGP seri Indonesia yang rencananya akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, 18-20 Maret 2022 mendatang.

Adapun pengembangan dilakukan khususnya pada Terminal Penumpang Gili Trawangan.

“Hal yang dilakukan untuk melakukan peningkatan pelayanan serta fasilitas untuk kapal bersandar pariwisata, termasuk kapal pesiar,” sebut Pradigdo dikutip dari website resmi Kementerian Perhubungan, Kamis (20/1/2022).

Pradigdo menjelaskan saat ini luas dermaga mencapai 440 meter x 26 meter dengan kapasitas tunggu 1.500 orang.

“Jadi terminal ini cukup luas dan memadai,” katanya.

Saat ini telah bersandar beberapa kapal pesiar di Pelabuhan Lembar. Salah satunya adalah KM Kirana VII yang mengangkut penumpang dan kendaraan dari Surabaya.

Pradigdo mengungkapkan beberapa pihak telah mulai menghubungi Pelabuhan Lembar untuk mem-booking puluhan unit kendaraan dari Makassar, Surabaya menuju Lombok.

“Sudah mulai ramai booking-an untuk bulan Maret,” ucap dia.

Adapun berdasarkan data PT Pelindo Cabang Pelabuhan Lembar, pada Februari hingga Desember mendatang terdapat delapan kapal pesiar yang akan bersandar. Kedelapan kapal itu adalah Kapal Golden Horizon, Norwegian Spirit, Royal Princess, dan Star Breeze. Kemudian Kapal Viking Orion, Noordam, Viking Mars, dan Vasco Dagamma.

“Kami selalu memastikan keselamatan dan kelayakan dermaga untuk sandar, dan akan melakukan pengecekan sebelum kapal-kapal bersandar,” tuturnya.

Terakhir Pradigdo berharap pengembangan ini dapat meningkatkan layanan transportasi pemerintah pada saat gelaran MotoGP.

“Harapannya ketika animo masyarakat, khususnya dari Pulau Jawa meningkat, kita sudah siap dari segi angkutnya,” pungkas dia.

Diketahui berbagai kesiapan jelang gelaran MotoGP Seri Indonesia telah dilakukan. Bahkan Presiden Joko Widodo juga melakukan pengecekan secara langsung.

Berita terkait : Jalan Bypass BIL – Mandalika mendukung Kejuaraan Dunia Motor Super Bike November 2021 dan MotoGP 2022

Dalam kunjungannya Kamis (13/1/2022) Jokowi tak hanya meninjau kesiapan Sirkuit Mandalika, tapi juga berbagai fasilitas pendukungnya.

Jokowi mengecek kesiapan di bandara, seperti kesiapan fasilitas pos pemeriksaan suhu, kartu kewaspadaan kesehatan elektronik, pos pemeriksaan dokumen imigrasi, pengambilan bagasi, sampai pemeriksaan bea cukai.

“Saya lihat semua berkaitan dengan protokol kesehatan, yang terkait dengan cek untuk PCR, cek bahwa sudah vaksin dua kali, semuanya. Urut-urutannya sudah bagus,” papar Jokowi. (*)

Oleh:

Share

Copyright © 2023, PT Lintas Media Infrastruktur. All rights reserved.