Sumber informasi tepercaya seputar infrastruktur,
transportasi, dan berita aktual lainnya.
13 June 2024
Home Berita Rancang Jalan Tol Padang-Sicincin, Hutama Karya Adopsi Konstruksi Digital

Rancang Jalan Tol Padang-Sicincin, Hutama Karya Adopsi Konstruksi Digital

Share

Padang, Lintas – PT Hutama Karya (Persero) mengusung konsep konstruksi berwawasan lingkungan dalam merancang Jalan Tol Padang-Sicincin. Selain itu, Hutama Karya juga mengadopsi konstruksi digital.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan, setelah mendapatkan dukungan pengadaan lahan, Hutama Karya memastikan kelanjutan proyek Jalan Tol Padang-Sicincin.

“Kami mengapresiasi dukungan para stakeholder terhadap akselerasi pengadaan lahan sehingga pembangunan dapat segera dilakukan. Sebagai langkah percepatan, Hutama Karya mengimplementasikan digitalisasi konstruksi. Hal itu, antara lain, pada metode ‘perbaikan tanah lunak’ maupun ‘pelindungan lereng galian dalam’. Dengan begitu, proyek jalan tol dapat selesai tepat mutu dan waktu,” ujar Koentjoro, dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (15/3/2023).

Lebih lanjut Koentjoro menambahkan, progres pengerjaan konstruksi hingga saat ini mencapai 32,11 persen dan pengadaan lahan 84,58 persen. Target penyelesaian pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin adalah triwulan II-2024.

Jalan Tol Padang-Sicincin merupakan Seksi 1 pada Jalan Tol Pekanbaru-Padang. Jalan Tol Padang-Sicincin adalah bagian dari koridor pendukung salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), yakni Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS).

Ruas Jalan Tol Padang-Sicincin nantinya memiliki main road sepanjang 36,6 km. Terkait kelengkapan struktur, jalan tol ini akan dilengkapi 16 main bridge. Juga 2 lintas atas (overpass), 2 area istirahat (rest area), dan 2 gerbang tol.

Penghijauan

Dalam pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin, Hutama Karya mengusung konsep konstruksi berwawasan lingkungan. Hal ini bisa dilihat dari penerapan penghijauan di sisi kiri dan kanan jalan tol dalam right of way (RoW).

Menurut Koentjoro, komitmen ini sejalan dengan arahan Menteri PUPR, yang disampaikan oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit. Sabtu (4/3/2023) lalu.

“Sesuai arahan Bapak Menteri PUPR,harus tetap menjaga dan memperhatikan keberlanjutan lingkungan sekitarnya. Termasuk memperhatikan nilai estetika dengan landscaping yang bagus,” ujar Danang. (BAS)

Baca Juga:

Oleh:

Share

Leave a Comment

Copyright © 2023, PT Lintas Media Infrastruktur. All rights reserved.