Sumber informasi tepercaya seputar infrastruktur,
transportasi, dan berita aktual lainnya.
13 June 2024
Home Berita Jalur Tuban-Gresik dalam Kondisi Mantap, Waspadai Titik Rawan Kecelakaan

Jalur Tuban-Gresik dalam Kondisi Mantap, Waspadai Titik Rawan Kecelakaan

Share

Lamongan, Lintas — Kesiapan jalur mudik Lebaran Tuban-Lamongan-Gresik siap dengan kondisi mantap. Hal ini disampaikan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 4.5 Satker Provinsi Jawa Timur Yudi Dwi Prasetyo kepada Majalah Lintas, Selasa (28/3/2023).

“Menyambut mudik Lebaran 2023, jalan nasional pada ruas kami sepanjang 78,77 km sudah siap dengan kondisi mantap,” ujar Yudi.

Yudi memberi tahu, di ruas Tuban-Lamongan-Gresik ada preservasi jalan. “Sebagai contoh, di Babat-Lamongan-Gresik. Ini adalah proyek multiyears. Dikerjakan dari tahun 2021 sampai dengan tahun 2023. Hingga saat ini sudah mencapai 85 persen. Target selesai pada akhir Agustus 2023,” kata Yudi.

Diingatkan Yudi, pemudik agar berhati-hati di sejumlah titik rawan kecelakaan. Lokasi itu seperti pelintasan Rel Lamongan, Jembatan Ngaglik, dan Persimpangam Jalan Desa. Yudi mengimbau agar para pemudik selalu waspada dalam berkendara.  Terutama saat melintas pada musim hujan ataupun pada sore hari.

“Rel Lamongan, Jembatan Ngaglik, dan Persimpangan Jalan Desa yang sangat ramai. Pada saat hujan sering terjadi kemacetan. Karena pada sore hari banyak perlintasan kereta api yang lewat di ruas jalan kami.” ujar Yudi.

Ruas jalan nasional di Lamongan. | Majalan Lintas/Roy Afriansyah Siahaan

Jalur Alternatif

Menyiasati jika terjadi kemacetan, PPK 4.5 Satker Provinsi Jawa Timur menyiapkan jalur alternatif mulai dari Tuban. Kalau ada yang menuju Gresik bisa melewati pantai utara (pantura), menyusur tepi laut Pacitan, Manyar. “Untuk yang dari Babat bisa lewt Ploso, Jombang, dan lewat jalan tol. Kalau sudah mendekati Lamongan bisa lewat Mojokerto dan Surabaya. Begitu juga sebaliknya,”ujar Yudi.

Untuk persiapan mudik Lebaran 2023 ini, kata Yudi, pihaknya akan berkoordinasi dengan dengan pihak-pihak terkait, yakni Dinas Perhubungan, Satlantas, yang nantinya akan berada di posko Lebaran.

“Selain itu, kami juga menyediakan posko Lebaran di Babat dengan perlengkapan tempat istrahat, Mushollah, toilet, dan 1 set alat preservasi jalan pada saat dibutuhkan nanti. Kemudian, kami juga menyediakan posko di Babat.” kata Yudi.

Yudi juga mengimbau kepada para pemudik Lebaran tahun 2023 untuk selalu berhati-hati dan mematuhi peraturan lalu lintas sehingga bisa selamat sampai tujuan. (C01)

Baca Juga:

Oleh:

Share

Leave a Comment

Copyright © 2023, PT Lintas Media Infrastruktur. All rights reserved.