Sumber informasi tepercaya seputar infrastruktur,
transportasi, dan berita aktual lainnya.
19 July 2024
Home Berita 7 Desa Terindah di Indonesia, Kamu Pernah ke Sana?

7 Desa Terindah di Indonesia, Kamu Pernah ke Sana?

Share

Lintas – Ada banyak tujuan wisata kalau kamu hendak berlibur. Salah satunya desa. Tak sedikit desa di Indonesia memiliki sesuatu yang spesial. Dari keindahan alamnya, ciri khas budayanya hingga kelezatan kulinernya. Dari sekian banyak destinasi, ada 7 desa terindah di Indonesia.

Berikut adalah 7 desa terindah di Indonesia yang bisa kamu cantumkan dalam daftar liburan selanjutnya. 

  • Desa Penglipuran, Bali

Desa Penglipuran di Kabupaten Bangli, Bali sudah kadung terkenal seantero dunia. Bukan tanpa alasan desa ini terkenal. Dikutip dari indonesia.travel, Desa Penglipuran pernah dinobatkan sebagai desa adat terbersih di dunia. Para warga desa ini dikenal sebagai suku Bali asli yang tetap mempertahankan adat istiadatnya hingga sekarang. Rumah-rumah warga di desa tersebut masih terlihat bergaya tradisional dengan menggunakan material bambu. Menariknya lagi, ada larangan khusus bagi pria di desa tersebut untuk berpoligami.

  • Desa Wae Rebo, Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT)

UNESCO pernah menobatkan Desa Wae Rebo sebagai desa paling indah di dunia. Keindahan desa yang terletak di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini adalah keberadaan tujuh rumah adat di sana. Ketujuh rumah adat tersebut memiliki diameter dan tinggi yang sama. Desa Wae Rebo berada di ketinggian sekitar 1.100 mdpl dengan pemandangan sekelilingnya berupa pegunungan dan perbukitan, seolah terisolasi dalam artian positif.

7 desa terindah indonesia

Desa Wae Rebo, NTT (Foto dok. Wikimedia)

  • Desa Sade, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB)

Menyeberang sedikit dari Desa Wae Rebo, ada Desa Sade di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Desa Sade adalah salah satu desa tradisional suku Sasak. Di sana, kamu bisa menemui konstruksi rumah warga desa yang sangat sederhana. Lantainya berupa tanah liat, dindingnya menggunakan anyaman dari bambu, dan atapnya terbuat dari alang-alang kering. Namun, rumah tradisional ini ditopang kayu yang kuat.

7 desa terindah indonesia

Desa Sade, Lombok, NTB (Foto dok. Wikimedia)

  • Desa Argosari, Lumajang, Jawa Timur

Jika kamu hendak ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), singgahlah ke Desa Argosari di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur terlebih dahulu. Ya, desa tersebut menjadi salah satu akses menuju TNBTS. Dijuluki ‘Negeri di Atas Awan’, Desa Argosari menawarkan pemandangan sangat memukau. 

  • Desa Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah 

Julukan desa ini juga keren, yakni ‘Nepal van Java’. Inilah julukan untuk Desa Kaliangkrik di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Desa Kaliangkrik memang mirip dengan sejumlah desa di Nepal. Kemiripan itu terletak pada tatanan rumah warga setempat yang seakan tersusun rapi di lereng Gunung Sumbing.

7 desa terindah indonesia

Desa Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah (Foto dok. Wikimedia)

  • Desa Kete Kesu, Toraja Utara, Sulawesi Selatan

Adat istiadat dan kehidupan tradisional juga bisa kamu temui di Desa Kete Kesu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Desa Kete Kesu telah ditetapkan sebagai cagar budaya. Desa ini dikenal sebagai daerah penghasil kerajinan pahat, ukir, dan lukisan yang sudah diakui dunia.

7 desa terindah indonesia

Desa Kete Kesu, Sulawesi Selatan (Foto dok. Wikimedia)

  • Desa Nagari Pariangan, Tanah Datar, Sumatera Barat 

Pemandangan alam Desa Nagari Pariangan di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat begitu mengesankan. Asrinya alam di sana berpadu dengan gaya rumah tinggal warganya yang masih sangat tradisional. Di desa ini, kamu juga bisa menemui sebuah masjid besar yang dibangun pada abad ke-19. (SA)

Baca juga:

7 Bandara Terbaik di Indonesia, Ada di Kotamu?

Capek Nyetir di Jalan Tol Trans Jawa? Yuk, Melipir Dulu di 5 Rest Area Terindah!

Oleh:

Share

Copyright © 2023, PT Lintas Media Infrastruktur. All rights reserved.