Sumber informasi tepercaya seputar infrastruktur,
transportasi, dan berita aktual lainnya.
12 June 2024
Home Fitur Risiko Mobil Melewati Banjir, Jangan Asal Terobos!

Risiko Mobil Melewati Banjir, Jangan Asal Terobos!

Share

Risiko mobil melewati banjir tak bisa dianggap remeh. Dalam kondisi tertentu, komponen mobil bisa rusak. Biaya perbaikannya pun tak murah.

Menerobos banjir memang menjadi godaan tersendiri bagi pengendara mobil. Tapi, Tindakan ini perlu pertimbangan matang terlebih dahulu. Alih-alih sampai di tempat tujuan, pengendara mobil justru stuck di tengah banjir atau menghadapi tagihan perbaikan mobilnya yang rusak akibat nekat menerobos banjir. 

Batas aman mobil melewati banjir

Jika hendak melewati banjir saat mengendarai mobil, kamu sebaiknya mempertimbangkan risiko dan batas amannya. Batas aman yang jelas adalah bila genangan air masih berada di bawah bodi kendaraan. Batas aman lainnya yang masih relatif aman adalah genangan air masih belum mencapai ketinggian setengah ban mobil kamu. 

Jika masih di bawah bodi atau setengah ban mobil, kamu bisa memilih opsi melintas. Tapi, ini bukan bebas risiko. Risiko masih tetap ada, misalnya, genangan air bisa saja timbul karena lubang atau selokan yang bisa membuat mobil kamu terjebak di dalamnya.

Kamu juga perlu memperhatikan letak intake mobil dan seberapa tingginya. Intake adalah bagian penting pada mobil yang bekerja untuk menyalurkan campuran udara dan bahan bakar dari karburator ke ruang proses pembakaran yang terdapat pada tabung mesin.

Dampak buruk mobil melewati banjir

Bagaimana bisa mengetahui kedalaman genangan air jika tidak terlihat dari permukaannya? Salah satu caranya adalah memperhatikan kendaraan lain yang telah melewati genangan air tersebut. Lebih baik lagi bila kendaraan yang telah lewat berjenis sama dengan mobil milik kamu. 

Bila nekat menerobos banjir tanpa pertimbangan matang, risiko fatal bisa menimpa pengendara. Jika genangan air telah mencapai bodi mobil, contohnya, air berpotensi masuk ke dalam filter udara dan ruang mesin. Hal ini bisa berakibat pada munculnya water hammer atau piston bengkok. Selain itu, risiko gelombang air juga berpotensi terhisap air intake

Menerobos banjir tak hanya bisa membuat mobil kamu rusak. Perbaikan mobil akibat banjir pun tidak murah dan tidak sebentar. Menerobos banjir juga bisa membahayakan keselamatan kamu dan pengguna jalan lainnya. 

Oleh sebab itu, jangan memaksakan diri untuk melewati banjir. Jaga emosi supaya bisa berpikir jernih dalam mengambil keputusan. Menepilah terlebih dahulu untuk melihat kondisi genangan air di depan kamu. Jika belum yakin, akan lebih bijak bila kamu menunda perjalanan atau mencoba pilihan rute lain. (SA)

Baca juga:

Tips Menyetir Mobil yang Aman di Kala Hujan

Awas, Ini Dia 4 Area Blind Spot Truk

Oleh:

Share

Copyright © 2023, PT Lintas Media Infrastruktur. All rights reserved.