Sumber informasi tepercaya seputar infrastruktur,
transportasi, dan berita aktual lainnya.
19 July 2024
Home Berita “Mudik Ceria Penuh Makna” Demi Keselamatan, Kenyamanan dan Keamanan

“Mudik Ceria Penuh Makna” Demi Keselamatan, Kenyamanan dan Keamanan

Share

JAKARTA, LINTAS — Kementerian Perhubungan menjadikan “Mudik Ceria, Penuh Makna” sebagai slogan Angkutan Lebaran 2024 demi mewujudkan keselamatan, kenyamanan dan keamanan dalam perjalanan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meluncurkan slogan ini ke masyarakat melalui Jumpa Pers “Persiapan dan Rencana Operasi Angkutan Lebaran Tahun 2024” di Jakarta, Minggu (17/3/2024). Harapannya, terwujud Angkutan Lebaran 2024 selamat, aman, dan nyaman sehingga menciptakan mudik yang ceria dan penuh cerita bermakna.

“Sesuai dengan slogan angkutan Lebaran yang kami luncurkan tahun ini, yakni Mudik Ceria, Penuh Makna, dengan infrastruktur yang sudah terbangun serta adanya kerja sama antar kementerian/lembaga, maka diharapkan akan terbangun mudik yang selamat, aman, dan nyaman sehingga tercapai pula mudik yang ceria dan penuh makna,” ujar Menhub dalam keterangan Kemenhub.

Menhub mengatakan akan terus mengintensifkan koordinasi dengan seluruh stakeholder Angkutan Lebaran 2024 demi mengantisipasi perkiraan lonjakan pergerakan masyarakat yang mencapai 193,6 juta orang.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, | Dok. Kemenhub
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, | Dok. Kemenhub

Prioritas Keselamatan

Menhub menekankan, prioritas utama Angkutan Lebaran adalah isu keselamatan. Untuk itu, dia menekankan pentingnya pemeriksaan atau inspeksi keselamatan (ramp check) kendaraan yang akan beroperasi selama Angkutan Lebaran.

Selain dari Kemenhub, pihak Kepolisian juga akan menggelar ramp check di jalur darat.

“Saya minta seluruh jajaran Kementerian Perhubungan, Kakorlantas, Kapolda dan seluruh Kapolres untuk melakukan ramp check. Bukan saja terhadap kendaraan yang beroperasi secara reguler, tetapi juga bus pariwisata jangan luput dari ramp check,” tutur Menhub.

Sejalan dengan itu, Menhub mengimbau masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk perjalanan mudik jarak jauh.

Pasalnya, risiko kecelakaan sepeda motor untuk jarak jauh sangat tinggi. Masyarakat dapat memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan Kemenhub, Kepolisian, BUMN atau perusahaan swasta baik di jalur darat, kereta api dan laut. (EDW)

Baca Juga: Puncak Arus Mudik Diperkirakan 8 April 2024, Ini 3 Titik Rawan Macet

Oleh:

Share

Leave a Comment

Copyright © 2023, PT Lintas Media Infrastruktur. All rights reserved.