Sumber informasi tepercaya seputar infrastruktur,
transportasi, dan berita aktual lainnya.
13 June 2024
Home Berita Flyover Kopo Bandung Hampir Selesai, Akan Beroperasi Lebih Cepat

Flyover Kopo Bandung Hampir Selesai, Akan Beroperasi Lebih Cepat

Share

Bandung – Pembangunan Flyover Kopo, Bandung, Jawa Barat telah memasuki tahap akhir. Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta – Jawa Barat, Wilan Oktavian menyebut proses pembangunan Flyover Kopo ini hampir selesai dan akan selesai lebih cepat dari rencana.

“Sesuai kontrak, Flyover Kopo mulai dibangun pada November tahun 2020, dan selesai September tahun 2022, namun percepatan pekerjaan membuat konstruksi akan rampung lebih awal,” ungkap Wilan dalam keterangannya dikutip Rabu (8/6/2022).

Ia menyampaikan saat ini progres pembangunan flyover sepanjang 1,7 kilometer itu telah mencapai 97,25 persen. Secara garis besar, lanjut Wilan, pembangunan infrastruktur flyover tersebut sudah selesai.

“Pekerjaan struktur sudah selesai semua, tinggal (proses) perapian saja,” katanya.

Wilan mengungkapkan, proyek ini memakan biaya hingga Rp 288,76 miliar. Namun dalam realisasinya dana yang terpakai hanya Rp 128 miliar.

“Ada sisa Rp 65 miliar yang dikembalikan, karena pada tahun lalu yang anggarannya semula Rp 144 miliar,” tutur dia.

“Ternyata jelang akhir tahun ada sisa dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang bisa digunakan untuk tambahan dan percepatan pekerjaan,” sambungnya.

Wilan mengapresiasi kerja sama antara pihaknya dengan Pemprov Jawa Barat dan pihak kepolisian.

Bentuknya, Pemprov Jawa Barat mengeluarkan anggaran senilai Rp 144 miliar untuk proses pembebasan lahan.

Sementara itu, pihak kepolisian, yakni Polda Jawa Barat bisa mengatur lalu lintas secara optimal selama proses pembangunan berlangsung.

Akibatnya, tidak ada kecelakaan konstruksi selama proyek tersebut dijalankan.

“Ada 193 batang girder yang telah diangkat dan dipasang dengan safety tanpa fatality dan accident. Ada 21 bentang erection girder yang merupakan pekerjaan berisiko tinggi karena lokasi pekerjaan di tengah kota dapat dilakukan dengan zero accident,” pungkasnya.

Sebagai informasi, flyover kopo yang hampir selesai ini dibangun untuk menjadi solusi mengatasi kemacetan di jalan Kopo-Cibaduyut.

Pemerintah pun berencana untuk melakukan preservasi pada flyover Buah Batu-Kiaracondong hingga Baturnunggal.

Langkah itu ditempuh untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di dalam Kota Bandung, utamanya di Jalan Ir Soekarno-Hatta.

Diklaim biaya pembenahan flyover itu akan memakan biaya sebesar Rp 724 miliar. Termasuk, biaya pembebasan lahan yang menjadi tanggung jawab Pemprov Jabar dan Pemkot Bandung sebesar Rp 230 miliar. (*)

Baca juga: Flyover Kopo Bandung Akan Segera Fungsional

Oleh:

Share

Copyright © 2023, PT Lintas Media Infrastruktur. All rights reserved.