Sumber informasi tepercaya seputar infrastruktur,
transportasi, dan berita aktual lainnya.
13 June 2024
Home Berita Tarik Wisatawan, Festival Durian Digelar di Bendungan Gondang Karanganyar

Tarik Wisatawan, Festival Durian Digelar di Bendungan Gondang Karanganyar

Share

Karanganyar, Lintas – Komunitas Peduli Bendungan Gondang, bekerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo, menggelar Festival Durian di Bendungan Gondang, Karanganyar, Jawa Tengah.

Berlangsung 6-9 Februari 2023, gelaran itu dilaksanakan untuk mengoptimalkan fungsi bendungan agar tak hanya dimanfaatkan sebagai penampung, dan penyedia air masyarakat.

Kepala Unit Pengelola Bendungan (UPB) Gondang Marina Putri menyampaikan, Festival Durian terdiri dari berbagai acara, termasuk yang bersifat konstruktif, serta edukatif.

“Mulai dari penanaman, dan pemeliharaan tanaman produktif misalnya durian yang saat ini ada sekitar 400 pohon,” ujar Marina dalam keterangan yang dikutip Kamis (9/2/2023).

Tak hanya itu, secara edukatif Komunitas Peduli Bendungan Gondang juga dilibatkan untuk melakukan kerja bakti sekitar kawasan bendungan.

“Serta pelatihan anggota pokmas di bidan pertanian, kebencanaan, dan lain-lain,” ucapnya.

Dalam keterangan yang sama Kepala BBWS Bengawan Solo Maryadi Utama mengklaim kegiatan ini menunjukan warga sekitar dapat bergerak secara mandiri untuk meningkatkan perekonomiannya.

Ia berharap berbagai agenda serupa bisa berlangsung secara rutin di kawasan Bendungan Gondang. “Ke depannya dapat menjadi contoh positif bagi komunitas-komunitas yang lain,” ujarnya. (*/TNO)

Oleh:

Share

Leave a Comment

Copyright © 2023, PT Lintas Media Infrastruktur. All rights reserved.