Sumber informasi tepercaya seputar infrastruktur,
transportasi, dan berita aktual lainnya.
13 June 2024
Home Berita Presiden Jokowi: Normalisasi Kali Ciliwung Ditargetkan Rampung 2024

Presiden Jokowi: Normalisasi Kali Ciliwung Ditargetkan Rampung 2024

Share

Jakarta, Lintas ― Presiden Joko Widodo menargetkan normalisasi 17 kilometer Kali Ciliwung selesai pada 2024. Pembebasan lahan terus dilakukan agar masyarakat DKI terhindar dari banjir luapan Kali Ciliwung. Seperti diketahui, Pemerintah DKI Jakarta bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah fokus untuk melakukan upaya mengurangi banjir di DKI Jakarta.

Langkah yang dilakukan pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta adalah memulai kembali normalisasi Kali Ciliwung.

“Setelah berhenti agak lama, ini akan segera kita mulai karena sudah ada beberapa titik yang sudah dibebaskan,” ujar Presiden Joko Widodo saat mengunjungi Kali Ciliwung, Jakarta Selatan, Selasa (21/2/2023).

“Misalnya, di Rawajati, segera bisa dimulai oleh Kementerian PUPR,” sambungnya.

Proses normalisasi bakal berlangsung sepanjang 17 kilometer, dan ditargetkan rampung pada 2024.

Menurut Jokowi, jika upaya itu berhasil, maka banjir di Jakarta bakal berkurang signifikan. “Karena air dari atas juga ditahan oleh Bendungan Ciawi, dan Bendungan Sukamahi,” ungkap Jokowi.

Ruas Cililitan

Sementara itu, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane, Bambang Heri menuturkan fokus normalisasi tahun ini akan dilakukan di ruas Cililitan lebih dulu. “Karena pembebasan lahannya tidak sesulit ruas Rawajati,” kata Bambang.

Berdasarkan keterangan Kementerian PUPR, proses normalisasi meliputi penguatan tebing, pembangunan tanggul, dan jalan inspeksi selebar 6-8 meter di sisi Kali Ciliwung.

Dengan pembangunan jalan inspeksi itu, kapasitas tampung Kali Ciliwung bakal bertambah signifikan, dari 200 meter kubik per detik, menjadi 570 meter kubik per detik. (*/TNO)

Oleh:

Share

Leave a Comment

Copyright © 2023, PT Lintas Media Infrastruktur. All rights reserved.