Sumber informasi tepercaya seputar infrastruktur,
transportasi, dan berita aktual lainnya.
19 July 2024
Home Berita Bisakah Istana Kepresidenan IKN Selesai Pertengahan Juli 2024?

Bisakah Istana Kepresidenan IKN Selesai Pertengahan Juli 2024?

Share

JAKARTA, LINTAS — Pada Rabu (5/6/2024) Presiden menyatakan optimismenya bahwa Istana Negara dan lapangan upacara bisa segera selesai pada pertengahan Juli 2024.

Ini artinya, efektif tersedia waktu sebulan lagi untuk percepatan pembangunan Istana Negara dan lapangan upacara.

Seperti diketahui, pemerintahan Jokowi berkomitmen bahwa pelaksanaan upacara perayaan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI digelar di IKN pada 17 Agustus 2024.

Masyarakat pun antusias ingin mengetahui bagaimana progres pembangunan di kompleks Istana Kepresidenan hingga saat ini.

Apa saja yang sudah selesai?

  1. Rumput di lapangan upacara tampak sudah siap digunakan. Rumput yang digunakan merupakan rumput dengan spesifikasi khusus jenis Zoysia Matrella yang merupakan standar Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA). Rumput ini juga digunakan di Stadion Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, dan stadion terkemuka lainnya di dunia.
  2. Tiang bendera yang akan digunakan untuk menaikkan replika bendera sang saka merah putih juga sudah didirikan. Tampak tiang berwarna putih dengan tinggi 45 meter itu siap digunakan.
  3. Akses jalan di sekeliling lapangan upacara termasuk rampa menuju kedua sisi Istana, baik kiri maupun kanan, juga sudah selesai.
  4. Tata tertib pelaksanaan upacara 17-an juga sudah disiapkan. “Untuk persiapan 17-an sudah hampir final, tidak ada masalah di lapangan. Tadi, saya cek satu per satu, dari lokasi venue, hingga tata urut upacara semuanya sudah tidak ada masalah,” ujar Presiden Jokowi. Secara keseluruhan, menurut kurator IKN, Ridwan Kamil, pembangunan Istana Negara sudah mencapai 71,8 persen. Pelaksana konstruksi dilaksana oleh PT PP-Wika KSO dengan total alokasi anggaran sebesar Rp 1,56 triliun dan bersumber dari APBN.
  5. Air minum untuk wilayah IKN dan sekitarnya sudah tersedia dengan diresmikannnya Bendungan Sepaku Semoi. Selasa (4/6/2024), Presiden Jokowi meresmikan bendungan dengan luas genangan 322 hektar dengan kapasitas tampung 16,17 juta meter kubik ini.
  6. Bilah garuda dengan jumlah total 4.650, yang menjadi ikon Istana Presiden, sedang dalam proses pemasangan. Bilah Garuda memiliki bentangan sayap sepanjang 177 meter dengan tinggi 77 meter. Bilah sayap garuda ini dari kuningan dan baja antikorosi produksi PT Krakatau Steel (Persero) Tbk.

Siap Berkantor

Presiden Jokowi Optimistis Pembangunan Istana Kepresidenan IKN Selesai Pertengahan Juli 2024

“Pembangunan kira-kira pertengahan Juli yang di sini sudah siap dan akan mulai untuk persiapan upacara 17 Agustus,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga menyatakan kesiapannya untuk berkantor di IKN Nusantara per Juli 2024. “Tinggal menunggu satu, air. Sedang disiapkan pompa untuk dinaikkan dari Bendungan Sepaku,” ujar Presiden. (*/HRZ)

Baca Juga: Jalan Tol IKN Fungsional Sebelum 17 Agustus

Oleh:

Share

Leave a Comment

Copyright © 2023, PT Lintas Media Infrastruktur. All rights reserved.