Sumber informasi tepercaya seputar infrastruktur,
transportasi, dan berita aktual lainnya.
19 July 2024
Home Berita Mengintip Fasilitas Hotel Nusantara di IKN

Mengintip Fasilitas Hotel Nusantara di IKN

Share

Pemerintah sudah memutuskan akan menggelar Upacara 17 Agustus 2024 di Istana Negara Kepresidenan di Ibu Kota Nusantara (IKN) sembari juga tetap dilaksanakan upacara yang sama di Istana Negara Jakarta. 

Upacara di IKN akan menjadi upacara dan bahkan acara kenegaraan pertama yang digelar di IKN. Waktu pelaksanaannya yang tinggal 2 bulan membuat persiapan yang diperlukan makin digas. Di antara berbagai persiapan yang dilakukan, salah satu yang menjadi perhatian adalah hotel. Sebab, diperkirakan, ada 2.000 orang akan hadir di Nusantara.

Karena itu, kesiapan dan ketersediaan hotel sangat penting untuk tempat para tamu yang akan menghadiri upacara tersebut.

Sejauh ini, di IKN sudah ada 6 hotel yang dibangun, yakni Hotel Nusantara, Hotel Vasanta, Four Points Hotel by Sheraton, Nusantara Superblock, Hotel BSH Qubika, dan Jambuluwuk Nusantara Hotel.

Di antara 6 hotel yang telah melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pada 2023 tersebut, yang paling pesat pembangunannya dan siap digunakan pada Agustus 2024 adalah Hotel Nusantara. 

Hotel Nusantara merupakan hasil investasi Konsorsium Nusantara yang diinisiasi oleh Agung Sedayu Group (ASG) dan melakukan groundbreaking pada 21 September 2023. Konsorsium Nusantara terdiri dari 10 taipan besar Indonesia yang kerap juga disebut “Naga Properti”, meliputi Agung Sedayu Grup milik Sugianto Kusuma (Aguan), Salim Group milik Anthony Salim, Sinarmas milik Franky Wijaya, dan Pulau Intan milik Pui Sudarto. 

Kemudian, Astra Group, Kawan Lama Group, Mulia Group, Alfa Group (Alfamart), Barito Pacific Group, dan Adaro Group. Konsorsium Nusantara masuk ke IKN dengan investasi jumbo, senilai Rp 20 triliun.

Hotel Nusantara adalah bagian dari proyek kawasan terpadu Konsorsium Nusantara. Selain Hotel, akan dibangun juga pusat perbelanjaan (mal), apartemen, dan perkantoran dalam konsep mixed use development.

Presiden Joko Widodo, saat meninjau proyek pembangunan Hotel Nusantara 20 Desember 2023 menyatakan optimistis pembangunan dapat rampung dan dapat digunakan pada Agustus 2024. 

Fasilitas Hotel Nusantara

Hotel Nusantara, yang dibangun di atas tanah seluas 20.164 meter persegi dan tinggi bangunan mencapai 43,10 meter serta memiliki 9 lantai dan 6 tipe kamar dengan total unit berjumlah 191 kamar, ditargetkan dapat melakukan pre-opening mulai Juli 2024 dan beroperasi penuh pada Agustus 2024. 

Hal itu dibenarkan oleh Investor Relations and Corporate Secretary PT Pantai Indah Kapuk Dua Tbk (PANI), yang merupakan bagian dari Agung Sedayu Group yang memimpin Konsorsium, Christy Grassela. Christy mengatakan bahwa Swissôtel Nusantara siap untuk pre-opening pada Juli 2024 untuk kemudian digunakan pada 17 Agustus 2024. 

Hotel Nusantara (Swissôtel) yang memiliki 191 unit dengan tipe kamar sebagai berikut: Premier Twin sebanyak 61 unit; Premier King 102 unit: Junior Suite 14 unit, Executive Suite 12 unit, Disable Room 1 unit, dan President Suite 1 unit, dirancang dengan konsep keramahtamahan ala Swiss yang merupakan negara asal jenama (merek) Swissôtel.  

Dalam pelayanannya, Swissôtel Nusantara memadukan fasilitas modern dengan pengaruh budaya secara sempurna. Selain fasilitas bintang lima, Hotel Nusantara dengan posisinya yang sangat strategis, dikelilingi oleh cagar alam Taman Hutan Endemik yang hijau dan asri, yang menghadirkan suasana damai juga menawarkan suasana alami untuk dinikmati oleh setiap tamu. 

Menarik bahwa taman ini tidak sekadar berfungsi memperindah lingkungan sekitar, tetapi juga berfungsi sebagai habitat berbagai spesies hewan, membina hubungan yang unik dan harmonis dengan alam. 

Sebagai hotel bintang lima, Swissôtel Nusantara menawarkan beragam akomodasi mewah, termasuk 191 kamar dan suite premier yang didesain dengan cermat untuk memberikan kenyamanan dan keanggunan maksimal. Setiap kamar dilengkapi dengan fasilitas modern untuk memastikan pengalaman menginap yang menyenangkan bagi setiap tamu. 

Hotel ini juga dilengkapi dengan fasilitas dua kolam renang dewasa dan anak-anak, gym, spa, dan klub anak-anak. Selain itu, tersedia restoran yang dapat memenuhi selera para tamu. Dari pilihan santapan mewah hingga restoran yang lebih santai, semuanya tersedia untuk dieksplor dan dinikmati oleh para tamu hotel.

Apa yang ditawarkan Swissotel?

Sebagaimana telah menjadi ciri khas jenama Swissôtel sejak berdirinya pada tahun 1980 dan dalam kehadirannya di lebih dari 30 hotel di seluruh dunia, Swissôtel menawarkan kualitas layanan, keragaman dalam desain, dan atribut Swiss kontemporer.

Mengusung misi memperlakukan setiap orang sebagaimana mereka ingin diperlakukan dan tetap setia pada warisan perusahaan Swiss, Swissôtel memberikan pelayanan yang mengakomodasi pelancong rekreasi dan bisnis dengan fasilitas mutakhir, dan akomodasi berdesain mewah yang menonjolkan karakter lokal yang unik. Swissôtel melakukannya dengan tetap berpegang pada nilai-nilai rasa hormat, integritas, kepemilikan, keselamatan dan keamanan. 

Kualitas layanan ditunjukkan melalui kehangatan, ketekunan, dan pola pikir kewirausahaan dari tim Swissôtel, memastikan kebutuhan setiap tamu dapat diantisipasi dan dipenuhi, dan setiap detail telah dipikirkan dan dilaksanakan terlebih dahulu.

Pekerjaan konstruksi Swissôtel Nusantara telah mencapai lantai 9 atau struktur tertinggi. Ini makin memastikan bahwa hotel ini siap digunakan pada Agustus 2024 dan memberikan pengalaman terbaik bagi para tamu. Bukan hanya itu, seluruh unit di Hotel Nusantara yang berjumlah 191 pun telah habis di-booking untuk digunakan pada Agustus 2024.  (*/MSH)

Baca Juga: Skenario Berubah, Perayaan HUT Ke-79 RI Bakal Digelar di Jakarta dan IKN

Oleh:
,

Share

Leave a Comment

Copyright © 2023, PT Lintas Media Infrastruktur. All rights reserved.