Sumber informasi tepercaya seputar infrastruktur,
transportasi, dan berita aktual lainnya.
13 June 2024
Home Berita Ini Alasan PT KAI Ajak Masyarakat Mudik Tak Gunakan Kendaraan Pribadi

Ini Alasan PT KAI Ajak Masyarakat Mudik Tak Gunakan Kendaraan Pribadi

Share

Jakarta, Lintas ― Vice President (VP) PT Kereta Api Indonesia (KAI) Joni Martinus mendorong agar masyarakat tak mudik menggunakan kendaraan pribadi. Apalagi, diperkirakan tahun animo masyarakat untuk mudik sangat tinggi. Kemenhub memprediksi jumlah pemudik Lebaran 2023 mencapai 123,8 juta.

Joni membeberkan sejumlah alasan, moda transportasi massal itu lebih menjamin keamanan, dan kenyamanan pemudik sampai di kampung halaman.

Apalagi, KAI menyediakan jumlah tiket cukup tinggi untuk melayani masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Idul Fitri 1444 Hijriah.

“KAI menyiapkan lebih dari 3 juta tiket kereta api jarak jauh yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk perjalanan masa libur Lebaran,” papar Joni dalam keterangannya dikutip, Senin (3/4/2023).

Ia lantas menjelaskan 5 keunggulan mudik menggunakan kereta api yaitu:

1. Keselamatan Lebih Terjamin

Joni mengatakan pihaknya telah melakukan inspeksi ke seluruh wilayah Jawa pada 6-8 Maret lalu. Tujuannya, memastikan semua gerbong, fasilitas, dan jalur kereta api aman saat digunakan melayani arus mudik.

Selain itu, KAI juga menyiapkan petugas jalur ekstra, petugas posko daerah rawan ekstra. Termasuk menyiapkan manajemen krisis bernama AMUS (alat, material untuk siaga).

2. Protokol Kesehatan Terjaga

Saat ini KAI masih menggunakan SE Menteri Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022 dan SE Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 sejak 19 Desember 2022, sebagai patokan protokol kesehatan.

Salah satu aturan yang penting adalah mewajibkan penumpang untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster.

Selain itu, penumpang juga masih diwajibkan untuk memakai masker selama perjalanan.

3. Tepat Waktu

Joni optimistis bahwa perjalanan kereta api saat arus mudik bakal tepat waktu. Ia mengacu pada on time performance KAI yang mencapai angka 99,6 persen.

“KAI secara bertahap terus meningkatkan waktu tempuh kereta api melalui perbaikan prasarana. Hasilnya kereta api dapat mencapai kecepatan hingga 120 kilometer per jam,” sebutnya.

Hal ini bisa dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Bisa saja di perjalanan butuh berhenti. Atau terkena hambatan lalu lintas. Potensi terlambat sampai di tempat tujuan sangat besar.

4. Aksesibilitas

Perjalanan menggunakan kereta api dapat menjangkau berbagai wilayah, baik kabupaten maupun kota.

Pasalnya, kereta api banyak berhenti di stasiun-stasiun tersebut. Dengan begitu, masyarakat lebih mudah dan cepat untuk mencapai kampung halamannya, dengan harga lebih terjangkau.

5. Mengurangi Stres

Selain perjalanan cepat, tepat waktu, dan nyaman, kereta api juga menawarkan perjalanan yang menyenangkan. Pasalnya, penumpang banyak disuguhi pemandangan alam yang indah sepanjang rute kereta api.

Joni memastikan fasilitas colokan listrik aman digunakan untuk menjamin ketersediaan baterai smartphone penumpang. (TNO)

Baca Juga:
Oleh:

Share

Leave a Comment

Copyright © 2023, PT Lintas Media Infrastruktur. All rights reserved.