Sumber informasi tepercaya seputar infrastruktur,
transportasi, dan berita aktual lainnya.
13 June 2024
Home Berita Capek Nyetir di Jalan Tol Trans Jawa? Yuk, Melipir Dulu di 5 Rest Area Terindah!

Capek Nyetir di Jalan Tol Trans Jawa? Yuk, Melipir Dulu di 5 Rest Area Terindah!

Share

Lelah atau rasa kantuk saat mengendarai mobil dapat membahayakan diri sendiri maupun pengendara lain. Nah, jika kamu merasa lelah saat berkendara di Jalan Tol Trans Jawa, segeralah beristirahat. Jaringan Jalan Tol Trans Jawa memiliki sejumlah rest area (resminya disebut Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau Tempat Istirahat (TI) jika tak terdapat SPBU di dalamnya) yang indah. Ini lima di antara rest area yang termasuk terindah di Tol Trans Jawa.   

  • Rest Area KM 260B (Tol Pejagan-Pemalang)

Rest area ini dahulu adalah pabrik gula Banjaratma. Namun, pabrik gula tersebut sudah tak beroperasi. Setelah direnovasi besar-besaran, pabrik gula itu dijadikan rest area. Nuansa vintage terlihat pada rest area ini. Apalagi, masih terdapat bekas ruang, peralatan, tungku, dan mesin uap peninggalan pabrik gula. Lengkap dengan SPBU, toilet, masjid, stan kerajinan hingga kuliner, kamu bisa singgah di rest area ini jika sedang menuju ke Pejagan dan sekitarnya.

  • Rest Area KM 429A (Tol Semarang-Solo)

Panorama Gunung Ungaran menjadi suguhan utama rest area yang mengarah ke Solo dan sekitarnya ini. Menikmati pemandangan Gunung Ungaran sambal mencicipi beragam kuliner di sana bisa menghilangkan rasa lelah kamu. Rest area ini juga memiliki masjid yang cukup mencuri perhatian dengan arsitektur kubah modern berwarna merah bulat dan corak berwarna kuning emas.

  • Rest Area KM 456 (Tol Semarang-Solo)

Rest area KM 456 berlokasi baik ke arah Solo (A) maupun Semarang (B). Rest area ini memiliki satu ciri khas ikonik, yakni jembatan penghubung (sky bridge) yang menghubungkan rest area di ruas kanan dan kiri Jalan Tol. Sejumlah spot foto Instagramable juga bisa kamu temui di sana, seperti pemandangan Gunung Merbabu hingga arsitektur bangunannya yang terlihat seperti mal.

  • Rest Area Km 487 (Tol Semarang-Solo)

Masih di Jalan Tol Semarang-Solo, ada satu rest area indah lainnya yang bisa kamu kunjungi saat lelah menerpa. Rest area ini berlokasi di KM 487. Seperti Rest Area KM 456, Rest Area 487 juga berlokasi di kedua sisi jalan tol (A dan B). Rest area yang sering disebut Bale Nglaras ini berhawa sejuk dan segar. Kamu bisa menyeruput kopi di rooftop bangunan sambil menikmati pemandangan Kabupaten Boyolali. Fasilitas di rest area ini juga terbilang lengkap, mulai dari tempat ibadah, ruang laktasi, gerai ATM hingga food corner.

  • Rest Area KM 391A (Tol Batang-Semarang)

Rest Area KM 391A tak terlalu besar. Namun, kamu bisa beristirahat dengan nyaman di sana. Kamu bisa menikmati aneka hidangan khas Jawa Tengah di rest area yang mengarah ke Semarang ini. Panorama sawah yang indah ditambah latar belakang perbukitan serta hutan jati yang hijau di rest area ini akan segera menghilangkan rasa lelah kamu.

Nah itu dia lima rest area terindah di Jalan Tol Trans Jawa. Kalau kamu lewat Jalan Tol Trans Jawa, sukanya beristirahat di rest area mana? (SA)

Baca juga: 

Rest Area Gunung Mas Puncak Siap Ditempati 516 PKL

Tahun 2021 Kementerian PUPR Tuntaskan Penataan 92 Fasilitas Rest Area di Jalan Tol Pulau Jawa

Oleh:

Share

Copyright © 2023, PT Lintas Media Infrastruktur. All rights reserved.