Sumber informasi tepercaya seputar infrastruktur,
transportasi, dan berita aktual lainnya.
13 June 2024
Home Fitur Tips Menyelamatkan Diri di Dalam Gedung Saat Gempa

Tips Menyelamatkan Diri di Dalam Gedung Saat Gempa

Share

Lintas – Penting mengetahui tips untuk menyelamatkan diri di dalam gedung bertingkat saat terjadi gempa. Apalagi kita tinggal di Indonesia yang berada di dalam garis Cincin Api Pasifik atau Ring of Fire. Negara-negara yang berlokasi di Ring of Fire dinilai rawan bencana alam, seperti gempa bumi. 

Gempa bumi sukar diprediksi. Gempa bisa terjadi kapan saja. Jadi, kita harus siap kapanpun terjadi gempa bumi. Nah, sejumlah tips bisa kamu coba untuk menyelamatkan diri di dalam gedung bertingkat saat terjadi gempa.

1. Jangan panik

Tips pertama untuk menyelamatkan diri di dalam gedung saat gempa adalah jangan panik. Kepanikan akan membuat kamu tak berpikir jernih. Selain itu, panik juga bisa membuat orang-orang di sekitar kamu lebih merasa ketakutan sehingga mungkin saja melakukan sesuatu yang keliru.

2. Menjauh dari jendela dan dinding luar

Setelah mampu mengendalikan emosi, segera menjauh dari jendela dan dinding luar gedung. Jauhi pula benda-benda yang menggantung atau yang berpotensi jatuh, seperti filling cabinet, rak, hiasan dinding, perlengkapan lampu dan sebagainya.

3. Lindungi kepala dan wajah

Tips menyelamatkan diri di dalam gedung saat gempa selanjutnya adalah mencari benda yang bisa melindungi kepala dan wajah kamu bila memungkinkan. Kepala dan wajah adalah organ vital yang perlu terlindung dari potensi puing-puing yang berjatuhan atau pecahan kaca. Jika benda seperti itu tidak ada di sekitar kamu, maka gunakan lengan untuk melindungi wajah dan lengan kamu.

4. Berlindung di tempat yang kokoh

Lalu, segera berlindung di tempat yang kokoh, misalnya meja, menjadi tips berikutnya. Tempat yang kokoh bisa menyelamatkan kamu saat gempa. Namun, hindari berlindung di ruangan sempit. Kamu bisa terjebak di sana karena puing-puing yang berjatuhan akan menghalangi pintu keluar.

5. Tetap berada di dalam gedung

Sebagian orang mungkin akan segera meninggalkan gedung saat terjadi gempa. Jangan lakukan itu. Meninggalkan gedung bertingkat saat terjadi gempa berisiko tertimpa puing-puing yang berjatuhan. Berdesak-desakkan di satu titik di dalam gedung yang mengarah ke akses keluar juga menjadi kemungkinan lainnya. Terlebih bila gedung tersebut dihuni oleh banyak orang.

6. Jangan gunakan lift 

Tips berikutnya adalah jangan menggunakan lift. Saat terjadi gempa, aliran listrik bisa padam seketika. Jika berada di dalam lift, kamu akan terjebak di dalamnya.

Lantas, bagaimana bila kamu terjebak di dalam gedung usai terjadi gempa? Bila ini terjadi, tips yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan diri adalah mencoba menarik perhatian orang-orang di sekitarmu. Caranya bisa dengan mengetuk bagian struktur yang keras. Kamu juga bisa menggunakan senter di smartphone untuk memberi petunjuk bahwa kamu masih berada di dalam gedung. (SA)

Baca juga:

7 Teknologi yang Bikin Bangunan Lebih Kuat Tahan Gempa

Belajar dari Cianjur, Ini Ciri Bangunan Tahan Gempa

Oleh:

Share

Copyright © 2023, PT Lintas Media Infrastruktur. All rights reserved.