Sumber informasi tepercaya seputar infrastruktur,
transportasi, dan berita aktual lainnya.
19 July 2024
Home Fitur Ini 10 Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Bumi

Ini 10 Gedung Pencakar Langit Tertinggi di Bumi

Share

Salah satu penanda sebuah kota metropolitan adalah hadirnya berbagai gedung pencakar langit. Lihat saja Jakarta. Di sepanjang Jalan Sudirman, Thamrin, Gatot Subroto, gedung raksasa dengan tinggi mencapai ratusan meter menjulang. Gedung-gedung itu seperti beradu tinggi, satu dengan yang lain.

“Tidak takut gempa, ta?” Tanya teman yang berasal dari daerah “langganan gempa”, Pulau Nias.

Arsitek pembangunan gedung pencakar langit sudah menghitung. Ketinggian gedung sudah melalui berbagai uji coba. Tentu dengan penerapan ilmu arsitektur.

Dilansir dari Skyscrapercenter.com, China disebutkan memiliki jumlah gedung pencakar langit terbanyak di dunia, melebihi jumlah gabungan dari 11 negara terbesar lainnya.

Lima Ada di China

Pada tahun 2023, China memiliki lebih dari 3.000 bangunan dengan tinggi di atas 150 meter (490 kaki), di mana 106 di antaranya adalah supertall (300 meter atau 980 kaki).

Dari 3.000 gedung pencakar langit di China di antaranya bertengger di antara sepuluh gedung tertinggi di Bumi.

Berikut adalah daftar 10 gedung pencakar langit tertinggi di dunia.

  1. Burj Khalifa, Dubai: Pemegang status gedung tertinggi di dunia ini selesai dibangun pada 2010 dengan ketinggian mencapai 828 meter dan memiliki 163 lantai.
  2. Shanghai Tower, China: Menempati posisi kedua sebagai gedung tertinggi di dunia dengan ketinggian 632 meter. Gedung dengan 128 lantai ini selesai dibangun pada 2015.
  3. Makkah Royal Clock Tower, Arab Saudi: Bangunan setinggi 601 meter yang ada di kota Mekkah ini terdiri dari 120 lantai dan selesai dibangun pada 2012.
  4. Ping An Finance Center, China: Gedung ini terletak di Shenzhen, Guangdong, China. Dibangun pada 2017 dengan ketinggian mencapai 599,1 meter dan memiliki 115 lantai di atas tanah serta 5 lantai di bawah tanah. Gedung ini dirancang oleh firma arsitektur Amerika, Kohn Pedersen Fox Associates.
  5. Lotte World Tower, Korea Selatan: Gedung ini berlokasi di Sincheon-dong, Songpa-gu, Seoul, Korea Selatan. Dengan ketinggian 555 meter dan 123 lantai, gedung ini merupakan gedung tertinggi di Korea Selatan. Gedung ini dirancang oleh firma arsitektur Kohn Pedersen Fox Associates dan dibangun oleh Lotte Group.
  6. One World Trade Center, Amerika Serikat: Gedung ini terletak di Lower Manhattan, New York City. Dengan ketinggian 1,776 kaki (541,3 meter) dan 94 lantai, gedung ini merupakan gedung tertinggi di Amerika Serikat dan di belahan bumi barat. Gedung ini dirancang oleh David Childs dari Skidmore, Owings & Merril.
  7. Guangzhou CTF Finance Centre, China: Gedung ini berlokasi di Tianjin Economic-Technological Development Area, Binhai, Tianjin, China. Dengan ketinggian 530 meter dan 111 lantai di atas tanah serta 5 lantai di bawah tanah, gedung ini merupakan gedung tertinggi ketiga di China dan ketujuh di dunia.
  8. Tianjin CTF Finance Centre, China: Gedung ini berlokasi di Tianjin Economic-Technological Development Area, Binhai, Tianjin, China. Dengan ketinggian 530 meter dan 97 lantai, gedung ini merupakan gedung tertinggi kedua di Tianjin setelah Goldin Finance, gedung tertinggi kedelapan di dunia, dan gedung tertinggi di dunia dengan kurang dari 100 lantai.
  9. CITIC Tower, Beijing, China: Gedung ini selesai dibangun pada tahun 2018 dengan ketinggian mencapai 527,7 meter dan memiliki 109 lantai.
  10. TAIPEI 101, Taipei, China: Gedung ini selesai dibangun pada 2004 dengan ketinggian mencapai 508 meter dan memiliki 101 lantai.

Pencakar Langit Dilarang

Ada beberapa fakta terkait pembangunan pencakar langit di China, antara lain, pertama, 39 dari 76 bangunan yang telah selesai dibangun dengan tinggi minimal 350 meter (1.150 ft) di seluruh dunia berada di China.

Hong Kong adalah kota di China dengan jumlah gedung pencakar langit terbanyak, sedangkan Shenzhen memiliki jumlah supertall terbanyak.

Pada Juni 2020, Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China (NDRC) memberlakukan larangan pembangunan gedung supertinggi yang lebih tinggi dari 500 meter (1.600 kaki) karena alasan keamanan dan pemborosan sumber daya.

Sementara pada Oktober 2021, Pemerintah China mengumumkan pembatasan pembangunan gedung supertall. Kementerian Perumahan dan Pembangunan Perkotaan dan Perdesaan China (MOHURD) mengatakan, tindakan ini didorong oleh kekhawatiran tentang “masalah seperti biaya, konsumsi energi, keamanan, dan dampak lingkungan”.

Lima gedung pencakar langit tertinggi di China, pertama, Shanghai Tower di Shanghai dengan tinggi 632 meter dan 128 lantai. Kedua, Ping An International Finance Centre di Shenzhen (599,1 meter/115 lantai).

Ketiga, Guangzhou CTF Finance Centre di Guangzhou (530 meter/111 lantai). Keempat, Shanghai World Financial Center di Shanghai (492 meter/101 lantai).

Dari sekian banyak gedung pencakar langit ini, gedung mana yang pernah Anda sambangi atau gedung yang ingin didatangi, tuliskan di kolom komentar di bawah ini. (Harazaki)

Oleh:

Share

Leave a Comment

Copyright © 2023, PT Lintas Media Infrastruktur. All rights reserved.