Sumber informasi tepercaya seputar infrastruktur,
transportasi, dan berita aktual lainnya.
13 June 2024
Home Berita Jokowi Resmikan 7 Pelabuhan Untuk Dukung Danau Toba Sebagai Destinasi Pariwisata Unggulan

Jokowi Resmikan 7 Pelabuhan Untuk Dukung Danau Toba Sebagai Destinasi Pariwisata Unggulan

Share

Toba – Untuk mengoptimalkan Danau Toba sebagai objek wisata prioritas, Presiden Joko Widodo meresmikan 7 pelabuhan dan empat kapal motor penumpang (KMP) di kawasan Dermaga Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba, Rabu (2/2/2022).

“Saya berharap dengan beroperasinya pelabuhan dan kapal-kapal ini akan mendukung keberadaan destinasi pariwisata super prioritas Danau Toba sebagai salah satu destinasi unggulan di Indonesia,” papar Jokowi dikutip dari website setkab.go.id, Jumat (4/2/2022).

Jokowi menyebut pembangunan ini akan mempercepat akses ke berbagai wilayah di sekitar Danau Toba.

“Aksesnya ke berbagai tempat di Danau Toba jadi lebih mudah, lebih cepat, dan lebih lancar,” ucapnya.

Jokowi menilai masyarakat sekitar Danau Toba juga membutuhkan pelabuhan dan KMP untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Maka melalui Kementerian Perhubungan, lanjut Jokowi, pemerintah juga membangun 13 pelabuhan penyeberangan yang tersebar di 7 kabupaten.

“Pelabuhan dan kapal sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang tinggal di sekitar Danau Toba untuk mendukung aktivitas dan mobilitas sehari-hari,” tutur dia.

“Menyebrang dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain, meningkatkan konektivitas antar kecamatan, dan antar kabupaten,” sambung Jokowi.

Diketahui tujuh pelabuhan yang diresmikan Jokowi adalah Pelabuhan Ajibata, dan Balige di Kabupaten Toba, lalu Pelabuhan Tiga Ras di Kabupaten Simalungun.

Selain itu diresmikan pula Pelabuhan Simanindo di Kabupaten Samosir, Pelabuhan Marbun Toruan/Baktiraja di Kabupaten Humbang Hasundutan, serta Pelabuhan Muara di Kabupaten Tapanuli Utara dan Pelabuhan Tongging di Kabupaten Karo.

Sedangkan empat KMP yang diresmikan adalah KMP Pora-Pora, Kaldera Toba, Bus Air KMP Asa-Asa dan Jurung-Jurung.

Pranala luar : Aksesibilitas

Dalam kunjungannya itu Jokowi juga memastikan penataan revitalisasi dan berbagai perbaikan di kawasan Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun.

Jokowi ingin memastikan Danau Toba memiliki konektivitas dengan tempat-tempat lain disekitarnya sehingga potensi pariwisata bisa dioptimalkan.

Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumawastuti berharap revitalisasi dan perbaikan infrastruktur di Pantai Bebas Parapat bisa menarik wisatawan domestik dan mancanegara.

Berita terkait : Penataan Kawasan Pantai Bebas sebagai Ikon Baru Parapat

“Mudah-mudahan dengan hal tersebut bisa menaikan pertumbuhan ekonomi masyarakat di Simalungun dan sekitar kawasan Danau Toba,” katanya. (*)

Oleh:

Share

Copyright © 2023, PT Lintas Media Infrastruktur. All rights reserved.