Sumber informasi tepercaya seputar infrastruktur,
transportasi, dan berita aktual lainnya.
13 June 2024
Home Fitur 7 Bus Wisata Keren untuk Keliling Kota di Indonesia

7 Bus Wisata Keren untuk Keliling Kota di Indonesia

Share

Lintas – Liburan tak mesti ke tempat jauh dari tempat tinggal. Liburan keliling kota sendiri juga bisa mengasyikkan, lho! Lebih asyik lagi, kamu bisa menumpang bus wisata keren untuk keliling kota.

Sejumlah kota di Indonesia memiliki bus wisata yang ciamik. Kota mana saja yang telah memiliki bus wisata keren? Ini daftarnya!

  1. Bus Wisata Mpok Siti-Jakarta

Kota Jakarta memiliki bus wisata bernama Mpok Siti. Kamu bisa menaiki bus jenis tingkat ini untuk berkeliling Jakarta. Sejumlah objek wisata yang dilewati bus ini antara lain Bundaran Hotel Indonesia, Museum Nasional, Monumen Nasional (Monas), Pasar Baru, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, dan Gedung Sarinah. Kamu tidak perlu repot mendaftar apalagi membayar untuk merasakan sensasi keliling Jakarta dengan bus wisata ini.

  1. Bus Wisata Bandros-Bandung

Bus wisata di Bandung bernama Bandros, akronim dari Bandung Tour On Bus. Bus tingkat mungil ini siap mengantarkan kamu berkeliling Kota Bandung. Kamu akan merasakan sensasi berbeda bila duduk di lantai atas bus ini yang atapnya terbuka. Bandros memiliki berbagai rute. Beberapa objek wisata yang dilewati Bandros antara lain Alun-Alun Bandung, Gedung Merdeka, Lapangan Gasibu, Taman Dewi Sartika, dan Balai Kota Bandung. Kamu perlu mendaftar dan menyiapkan sejumlah uang untuk bisa menaikinya.

  1. Bus Wisata Si Kenang-Semarang

Si Kenang adalah bus wisata jenis tingkat di Kota Semarang. Kamu perlu mendaftarkan diri di Museum Mandala Bhakti terlebih dahulu untuk bisa menaikinya. Kawasan Kota Lama, Lawang Sewu, dan Klenteng Sam Poo Kong adalah beberapa objek wisata yang dilalui Si Kenang.

  1. Bus Wisata Werkudara-Solo

Kamu bisa keliling di Kota Solo dengan bus wisata Werkudara. Seperti Bandros, bus wisata ini memiliki dua tingkat dengan area terbuka di bagian atasnya. Sejumlah objek wisata yang bisa kamu temui dari bus ini adalah Taman Satwa Taru Jurug (TSJ), Pasar Gede, dan Tugu Cembengan. Bus wisata ini menerapkan sistem pendaftaran dan tiket. Werkudara hanya beroperasi pada hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional.

  1. Bus Wisata Suroboyo, SHT, dan SSCT-Surabaya

Berbeda dengan kota-kota lain, Surabaya memiliki tiga bus wisata, yakni Suroboyo, Surabaya Heritage Track (SHT), dan Surabaya Shopping Culinary Track (SSCT). Berkeliling di Kota Surabaya dengan ketiga bus wisata ini sama-sama mengasyikkan. Bus Suroboyo mirip dengan bus tingkat berwarna merah di London. Menariknya, bus ini hanya menerima pembayaran berupa sampah plastik. Sementara itu, Bus SHT adalah bagian dari Museum House of Sampoerna. Bus ini bisa kamu naiki secara gratis. Lain halnya dengan SSCT yang akan membawa kamu ke tempat wisata bahari dan museum. Kamu perlu membayar untuk bisa menaiki bus berwarna kuning ini.

  1. Bus Wisata Macito-Malang

Bus wisata di Kota Malang bernama Macito. Warnanya hijau. Kamu perlu mendaftar untuk bisa menumpang di bus ini. Namun, kamu tidak perlu membeli tiket alias gratis. Macito akan membawa kamu mengelilingi keindahan Kota Malang. Atap bus ini juga terbuka sehingga kamu bisa menikmati semilir angin sejuk di Malang.

  1. Bus Wisata Mabour-Madiun

Madiun Bus On Tour atau Mabour adalah bus wisata yang siap menemani kamu berkeliling di Kota Madiun. Bus wisata ini melewati berbagai ikon Kota Madiun. Bus ini juga dilengkapi dengan seperangkat karaoke. (SA)

Baca juga:

Mengenal Kereta Panoramic: Inovasi KAI Agar Penumpang Menikmati Pemandangan Sepanjang Perjalanan

Objek Wisata Irigasi Keren di Indonesia

Oleh:

Share

Copyright © 2023, PT Lintas Media Infrastruktur. All rights reserved.